|

Game Palagan Ambarawa Diluncurkan

Sejarah-harian – Palagan Ambarawa memang tidak setenar pertempuran 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Namun, Palagan Ambarawa tetap merupakan salah satu  peristiwa bersejarah yang penting dalam periode perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Sekelompok mahasiswa dari jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika ITS (Institut Teknik Surabaya), dibantu tim pembimbing dari Teknik Informatika institut tersebut, meluncurkan game komputer PAHLAWA (singkatan dari Palagan Ambarawa) pada hari Senin, 20 Desember 2010, di ruang aula Jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya.

“Game ini dibuat untuk memperingati tanggal 15 Desember. Tanggal 15 Desembr adalah peringatan Hari Juang kartika. Sebelumnya, tanggal ini diberi nama Hari Infanteri. Walaupun mungkin tak setenar tanggal 10 Novmber, tanggal 15 Desember adalah hari yang perlu dikenang oleh bangsa ini,” kata salah satu dosen pmbimbing mahasiswa, Imam Kuswardayan, kepada detiksurabaya.com.

Game yang dikerjakan selama sekitar dua bulan ini merupakan karya ke-4 gameedukasi.com dan bergenre first person shooter (FPS). Pemain akan memerankan salah satu pejuang Palagan Ambarawa. Misi-misi yang harus diselesaikan dissuaikan dengan rangkaian peristiwa dalam pertempuran tersebut, yaitu pertempuran di Magelang, insiden di Desa Jambu, serangan Benteng Ambarawa, dan pertempuran Ambarawa.

Game ini bersifat edukatif karena disisipi dengan narasi teks dan video yang berkaitan dengan kornologi terjadinya pertempuran bersejarah tersbut. Salah satu contoh narasi teks adalah: “Sejak gugurnya Letnan Kolonel Isdiman, Panglima Besar Jendral Soedirman merasa kehilangan perwira terbaik dan ia langsung turun ke lapangan untuk memimpin pertempuran. Hingga terjadilah Palagan (Pertempuran) Ambarawa melawan sekutu dengan pasukan dan senjata yang jauh lebih kuat”.

Menurut rencana, game ini akan diunggah di situs web gameedukasi.com dan dibagikan kepada publik melalui rapidshare. System requirement atau spsifikasi komputer yang diperlukan untuk untuk game ini adalah OS Windows 2000, XP, Vista, 7 dengan update DirectX terbaru, CPU minimalPentium III 1 Ghz, 512 MB RAM, hard disk 400 Mb, serta Graphics card DirectX x9.0c compatible with 64 Mb memori. (AI/BER7/12-2010)

Sumber: republika.co.id, detik.com, detiksurabaya, gameedukasi.com
Sumbr ilustrasi: gameedukasi.com

Diposting oleh Sejarahku on 12:21 PM. dalam kategori , , . Anda dapat mengikuti semua tanggapan terhadap artikel ini melalui RSS 2.0. Silakan meninggalkan komentar.